Persatuan Pelajar Indonesia UKM
Sejarah Online Game Internasional... Logo_p10

Welcome to Forum PPI UKM!!
It is one of the unique forum in the internet..
Right here you can sharing about your life, academic topic, and anything about life and live...



Join the forum, it's quick and easy

Persatuan Pelajar Indonesia UKM
Sejarah Online Game Internasional... Logo_p10

Welcome to Forum PPI UKM!!
It is one of the unique forum in the internet..
Right here you can sharing about your life, academic topic, and anything about life and live...

Persatuan Pelajar Indonesia UKM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Bookmark Us
Twitter Update
Latest topics
» Avacs Live Chat
Sejarah Online Game Internasional... EmptyTue Jun 12, 2012 10:16 pm by not

» Selamat datang ke Forum PPI UKM...
Sejarah Online Game Internasional... EmptyThu Mar 01, 2012 2:35 am by ammyvegadarya

» Ingin ambil Medical di UKM
Sejarah Online Game Internasional... EmptySat Feb 11, 2012 6:10 pm by indrafsindrafs

» s & c
Sejarah Online Game Internasional... EmptyThu Jan 12, 2012 3:14 pm by A112945_

» help me
Sejarah Online Game Internasional... EmptyTue Dec 27, 2011 5:42 pm by rabian syahbana

» Tolong Daftar Disini...
Sejarah Online Game Internasional... EmptyTue Oct 25, 2011 12:03 am by nefbeck7

» Tempat Berhantu di UKM...
Sejarah Online Game Internasional... EmptyMon Oct 24, 2011 1:09 am by darahmuda

» UKM's Female Room
Sejarah Online Game Internasional... EmptyMon Oct 24, 2011 1:07 am by darahmuda

» Curhat Mahasiswa
Sejarah Online Game Internasional... EmptyMon Oct 24, 2011 12:40 am by darahmuda

Find & Follow Us
Forum of PPI UKM


Forum of PPI UKM
Advertisement
Forum of PPI UKM
Sponsors
Free META Tag Help Analyzer Site Meter

Sejarah Online Game Internasional...

Go down

Sejarah Online Game Internasional... Empty Sejarah Online Game Internasional...

Post by ammyvegadarya Sat Oct 27, 2007 1:44 pm

Lahirnya kesuksesan game online Januari 1997 - April 2001

Masa kejayaan online game pertama, ketika Ultima Online, EverQuest, dan Asheron's Call tidak memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah yang memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memulai membuat game online mereka sendiri.

Sejarah Online Game Internasional... Everqu10

Mulainya persaingan Mei 2001 - April 2002

Pada masa ini perkembangan EverQuest dan Asheron's Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.

Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan Ultima Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan datang, terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.

Sejarah Online Game Internasional... 210

Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online, EverQuest, dan Asheron's Call menemukan alternatif game yang belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses, mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.

Asheron's Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.

Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 - Oktober 2004

Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.

Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.

Sejarah Online Game Internasional... 310

Kejayaan Warcraft November 2004 - Sekarang

Dimulai dengan direleasenya World of Warcraft, keadaan pasar game online berubah drastis. World of Warcraft bukan hanya sukses, namun juga memegang rekor yang sangat tinggi diantara game-game online yang bayar (Pay to Play)lainnya. Walau sebagian besar pelanggan World of Warcraft berasal dari RRC, sekarang jumlah pelanggan World of Warcraft di Eropa mencapai lebih dari satu milyar sementara di Amerika Utara sekitar satu koma lima hingga dua milyar! Kesuksesan World of Warcraft berasal dari Blizzard, yang selalu menelurkan game-game yang memberikan pengalaman bermain yang unik.

Sejarah Online Game Internasional... 410

Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game online , terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.

Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema fantasi; 4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah simulasi perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori komunitas dan lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer mengendus prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.

Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh lebih besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini, seperti dengan direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula Rasa. Perusahaan-perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan menelurkan Age of Conan, Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes, Hero's Journey, Lord of the Rings Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan Warhammer Online, dan judul-judul lainnya.


sumber: http://www.ketok.com/
ammyvegadarya
ammyvegadarya
Founder
Founder

Jumlah posting : 367
Age : 79
Location : ~KBH-K11A-218 - Hackers' Room~
Job/Hobbies : ~Create-Save-Delete~
Points : 378
Nama Baik : 15
Registration date : 2007-09-26

http://avdnowhere.blogspot.com

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum