Persatuan Pelajar Indonesia UKM

Welcome to Forum PPI UKM!!
It is one of the unique forum in the internet..
Right here you can sharing about your life, academic topic, and anything about life and live...

Bookmark Us
Twitter Update
Latest topics
» Avacs Live Chat
Tue Jun 12, 2012 10:16 pm by not

» Selamat datang ke Forum PPI UKM...
Thu Mar 01, 2012 2:35 am by ammyvegadarya

» Ingin ambil Medical di UKM
Sat Feb 11, 2012 6:10 pm by indrafsindrafs

» s & c
Thu Jan 12, 2012 3:14 pm by A112945_

» help me
Tue Dec 27, 2011 5:42 pm by rabian syahbana

» Tolong Daftar Disini...
Tue Oct 25, 2011 12:03 am by nefbeck7

» Tempat Berhantu di UKM...
Mon Oct 24, 2011 1:09 am by darahmuda

» UKM's Female Room
Mon Oct 24, 2011 1:07 am by darahmuda

» Curhat Mahasiswa
Mon Oct 24, 2011 12:40 am by darahmuda

Find & Follow Us
Forum of PPI UKM


Forum of PPI UKM
Advertisement
Forum of PPI UKM
Sponsors
Free META Tag Help Analyzer Site Meter

Manfaat lampu gelap saat tidur

Go down

Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by Arcusage on Wed Nov 07, 2007 6:45 pm

Manfaat lampu gelap saat tidur :


Malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh.Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam Hari - sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti.

Biolog Joan Roberts menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam Hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya Lampu - seperti juga TV - menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Oleh Karena itu, selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.


Jenis-jenis gangguan tidur yang dapat dialami oleh siapa saja antara lain adalah:

A. Jet-lag. Adanya perubahan waktu antara siang dan malam yang mendadak akibat perjalanan dengan pesawat terbang. Ini bisa mengganggu irama sirkadian tubuh manusia.

b. Kafein, nikotin, alkohol. Kafein nikotin yang terlampau banyak dapat menimbulkan kesulitan untuk tidur. Kondisi ini sering dialami oleh peminum kopi, perokok, dan pencandu alkohol.

C. Faktor lingkungan. Dentuman suara musik yang keras, suara pabrik yang berisik, tidur dengan lampu yang menyala terang, akan menyebabkan tidur seseorang menjadi terganggu.


Penyebab gangguan tidur pada perempuan adalah:

A. Stres psikis. Ada anggota keluarga yang meninggal dunia, menghadapi ujian, kecelakaan lalu lintas, putus cinta. Secara statistik, 34% kaum perempuan sering mengalami hal ini dibanding 22% pada laki-laki. Kemungkinan karena perempuan lebih sensitif.

B. Gangguan mitra tidur. Kurang lebih 17% perempuan mengeluh sulit tidur karena mitra tidurnya memiliki kebiasaan mendengkur dan hanya 5% laki-laki mengeluhkan penyebab serupa.

C. Pekerja malam, perawat rumah sakit, penjaga malam, buruh pabrik. Mereka yang bekerja pada malam Hari ternyata lebih sering mengalami gangguan tidur. Para perempuan pekerja malam ini lebih sering pula mengalami gangguan siklus haid, dan sukar untuk hamil.

D. Terkait dengan haid. Hormon progesteron bersifat menimbulkan rasa tenang dan rasa kantuk. Hormon progesteron akan meningkat pada masa ovulasi, yaitu kurang lebih pada Hari 12-14 dari siklus haid. Beberapa perempuan akan mengalami rasa lemas dan rasa kantuk yang berlebihan.

Gangguan tidur mulai terjadi ketika hormon progesteron ini mulai menurun, yaitu beberapa Hari menjelang datangnya haid (Hari 22-28 dari siklus haid). Perempuan akan lebih sering terbangun, tidur kurang nyenyak, atau terbangun dengan perasaan yang tidak segar.

E. Terkait dengan hamil. Pada masa hamil juga terjadi perubahan-perubahan yang dapat mengganggu tidur. Pada kehamilan 1-3 bulan, hormon progesteron mulai meningkat, menimbulkan rasa kantuk pada beberapa perempuan. Rahim yang membesar mulai mendesak kandung kemih, sehingga perempuan hamil sering terbangun beberapa kali untuk berkemih.

Pada kehamilan 4-6 bulan, hormon progesteron mulai stabil. Rahim sudah tidak lagi mendesak kandung kemih. Perempuan hamil akan merasakan masa-masa tidur yang paling nikmat. Hampir tidak Ada gangguan tidur pada usia kehamilan ini.

Pada kehamilan 7-9 bulan, mulai terjadi gangguan tidur. Adanya rasa panas di daerah dada, rasa gerah, hidung yang tersumbat, kram pada tungkai bawah, lebih sering berkemih akan mengganggu kualitas dan kuantitas tidur perempuan hamil. Sekitar 97% perempuan akan lebih sering terbangun tengah malam dan sukar untuk tidur kembali. 30% perempuan yang tidak pernah mendengkur akan tidur dengan mendengkur.

F. Masa menopause. Produksi hormon estrogen mulai menurun, membuat 30%-40% perempuan lebih sering terbangun di tengah malam karena keringat yang banyak, rasa jantung berdebar, atau timbul keluhan rasa panas di dada dan kepala.


Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur antara lain adalah:

1. Hindari makanan berkadar gula tinggi (madu, sirop), mengandung kafein (kopi, cokelat, the), rokok, atau alkohol, menjelang waktu tidur.

2. Tidur dan bangun pada waktu yang teratur setiap Hari.

3. Gunakan tempat tidur hanya untuk hubungan intim dan tidur. Tidak untuk kegiatan lain seperti belajar, bekerja, membaca, senam, dan sebagainya.

4. Olahraga yang teratur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Demikian pula bagi perempuan hamil, olahraga dapat mengurangi kejadian kram di tungkai bawah.

5. Biasakan tidur dalam suasana gelap tanpa lampu menyala.

6. Shalat/Berdoa.

7. Jangan gunakan obat tidur karena dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan ingatan, kurang waspada, sering ngompol dan sakit kepala.

8. Konsultasi ke dokter, mungkin dokter perlu memberikan nasihat atau obat-obat tertentu seperti melatonin, hormon estrogen, dan sebagainya.


Semoga bermanfaat..



sumber : www.kask.us

Arcusage
New Member
New Member

Jumlah posting : 3
Age : 28
Location : depan komputer
Job/Hobbies : diem
Points : 0
Nama Baik : 0
Registration date : 2007-10-01

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by ammyvegadarya on Thu Nov 08, 2007 2:04 pm

wah"....

mantep cau topiknya......

keren.....
nambah ilmu.....

skarang gw jd tau dah....

thanks ya cau.....



lol!


avatar
ammyvegadarya
Founder
Founder

Jumlah posting : 367
Age : 73
Location : ~KBH-K11A-218 - Hackers' Room~
Job/Hobbies : ~Create-Save-Delete~
Points : 378
Nama Baik : 15
Registration date : 2007-09-26

http://avdnowhere.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by _nuha_ on Fri Nov 09, 2007 9:25 pm

Owww...bgitu...

Ternyata gara2 cahaya,,hormon bisa lelah ya...
hmm....baru tw...

Mungkin itu hikmahnya ya..knapa malam ga ada matahari....
Smile

Thx co...bwt infonya....
avatar
_nuha_
Member
Member

Jumlah posting : 14
Age : 29
Location : masih di bumi....
Job/Hobbies : mw tw aja!!!
Points : 3
Nama Baik : 3
Registration date : 2007-10-26

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by pia on Sun Nov 11, 2007 10:57 am

oooohhhh.....pantesss....
kalau mau tidur lampunya nyala, suka susah tidur...

bener tuh cau...

mulai sekarang tidur lampu harus dimatiin...
untuk menjaga kesehatan badan kita...
avatar
pia
Gold Member
Gold Member

Jumlah posting : 32
Age : 28
Location : di rumah
Job/Hobbies : peLajar/Puisi,Cerpen,Novel&karya-karya sastra lainnya
Points : 9
Nama Baik : 0
Registration date : 2007-10-03

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by Kadek on Tue Dec 25, 2007 6:49 pm

Wah.... katrooookkkkk.....
Gue paling susah tidur kalo lampu senter dinyalain tepat di depan mata gue...
Tapi.... kalau ada yg nemenin .... eem...ehem..... gak masalah.... mau lampu senter kek... mau di stadion kek... OK aja !!

Btw, Arcsage = Arc + Sage, mean the high prest, the very wise man.
Thanks

Kadek
Advance Member
Advance Member

Jumlah posting : 21
Age : 38
Location : Tandas
Job/Hobbies : Koper Boy (bawa koper)
Points : 7
Nama Baik : 7
Registration date : 2007-10-26

http://www.suparta.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by ammyvegadarya on Wed Dec 26, 2007 2:38 pm

hahahhahaha....

bapak ma maunya gt....

hehehhehehe....

btw apa kabar pak???

wah...

udah lama bapak g ada kabar....

bapak udah ke kl kan???

gimana pak disana???

pasti seru dah!!!

hehehehhehe.....

lol!


avatar
ammyvegadarya
Founder
Founder

Jumlah posting : 367
Age : 73
Location : ~KBH-K11A-218 - Hackers' Room~
Job/Hobbies : ~Create-Save-Delete~
Points : 378
Nama Baik : 15
Registration date : 2007-09-26

http://avdnowhere.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by Kadek on Wed Dec 26, 2007 11:09 pm

Kabar? Nanyanya basi abis My...
Nanya yang laen kek... "Dah laku belon?" atau "Kapan mau terjun dari lantai 11?" Dan laen-laen yg kere atif

Dah 2 minggu di KL, kerja !! Jadi TKI ampe TKO...
Kerja? Pushieeennnnnggg...... masih junior.. belum bisa apa2...hehehe

Thanks Boy

Kadek
Advance Member
Advance Member

Jumlah posting : 21
Age : 38
Location : Tandas
Job/Hobbies : Koper Boy (bawa koper)
Points : 7
Nama Baik : 7
Registration date : 2007-10-26

http://www.suparta.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by ammyvegadarya on Thu Dec 27, 2007 2:06 pm

yowis"....

mmm....

udah LAKU blom pak???

hehehehhehe....

jangan" bapak udah laris nih...

tp g bilang".....

hehehehhe.....

bapak kerja apaan mpe TKO???

jd petinju ya pak???

hehehhehehe....

ooohhh....

ntar jg kebiasaan pak.....

sante aja pak......

[sotoy dikit bolehlah....]
hehehehehhe........

lol!


avatar
ammyvegadarya
Founder
Founder

Jumlah posting : 367
Age : 73
Location : ~KBH-K11A-218 - Hackers' Room~
Job/Hobbies : ~Create-Save-Delete~
Points : 378
Nama Baik : 15
Registration date : 2007-09-26

http://avdnowhere.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by Ukist011 on Sat May 21, 2011 4:53 pm

tesss,,, tess Basketball
avatar
Ukist011
New Member
New Member

Jumlah posting : 3
Age : 28
Location : amperaBumi
Job/Hobbies : all about sports
Points : 7
Nama Baik : 1
Registration date : 2011-05-21

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by ammyvegadarya on Sat May 21, 2011 5:00 pm

bisa mas bro... lol!


avatar
ammyvegadarya
Founder
Founder

Jumlah posting : 367
Age : 73
Location : ~KBH-K11A-218 - Hackers' Room~
Job/Hobbies : ~Create-Save-Delete~
Points : 378
Nama Baik : 15
Registration date : 2007-09-26

http://avdnowhere.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Manfaat lampu gelap saat tidur

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum